Cruijffisms

“I hate quotations.”
— Ralph Waldo Emerson, walau ini tidak dalam konteks

Karena suatu alasan, saya tidak pernah menggemari program-program yang dimaksudkan untuk memotivasi atau memicu self-improvement. Saya berkeyakinan bahwa saran yang baik, logis, dan membumi itu adalah saran yang tidak bisa memotivasi, sebab sangat mendasar. Umpamanya; rajin menabung, belajar dan bekerja yang tekun, disiplin mengatur waktu, dan seterusnya tahi-tahi serupa. Slogan-slogan klise yang terlampau optimis itu mengawang-awang dan terlalu dipermanis.

Tapi barusan ini saya teringat dengan Cruijff.

Cruijffisme (Belandanya dilabeli Cruijffiaans) yang beredar di media selama ini terkenal berhasil memadukan akal sehat dan kebijakan. Jadi seringkali terdengar pintar dan dungu secara bersamaan.


  • Voetbal is een spel van fouten. Wie de minste fouten maakt wint.
    Football is a game of mistakes. The ones who makes the least mistakes win.

  • Je moet schieten anders kan je niet scoren.
    You’ve got to shoot or you can’t score.

  • Je moet altijd zorgen dat je één doelpunt meer scoort als de tegenstander.
    You always have to make sure that you score one goal more than your opponent.

  • Als wij de bal hebben, kennen zij niet scoren.
    If we have the ball, they can’t score.

Lalu saya berpikir, ternyata kalimat “motivasi” yang witty itu tak perlu sesat logika, berlebihan, atau terlalu menyederhanakan. Boleh juga si Cruijff ini.

Walau saya tak termotivasi. Yang penting ‘kan Cruijff punya bakatnya! Mesti segera bikin kontrak acara TV.

5 thoughts on “Cruijffisms

  1. Als wij de bal hebben, kennen zij niet scoren.
    If we have the ball, they can’t score.

    ini bukannya prinsip dasarnya Total Football, ya? intinya kan ball possession. kalau nggak salah omongan ini jadi populer, sampai Pep Guardiola juga beberapa kali ngomong ini. *hmm*

    ~btw saya melihat ada colongan logo klub tertentu:mrgreen:

  2. @ yud1

    Oh iya ya? Bukannya sepakbola grendel timnas Italia (bukan klub Italia! Ini miskonsepsi populer) juga intinya penguasaan bola?

    ~btw saya melihat ada colongan logo klub tertentu:mrgreen:

    Eh itu ‘kan fleur de lis, elemen vignette standar ituh. Tapi iya juga baru sadar ada relevansinya.😛

  3. Saya kok merasa kalau Cruyff itu sebenarnya terpengaruh Zen. You know, konon katanya dia rada hippy. Kalimat motivasi Zen bukannya alurnya rada mirip?

    “Weeds only grow when we dislike them.”

    “Water which is too pure has no fish.”

    “The reverse side also has a reverse side.”

    “If you understand, Things are just as they are. If you do not understand, Things are just as they are.”

    Bukannya saya bilang ucapan Cruyff setara para biksu, sih…

  4. @ sora9n

    Boleh jadi. Setahu saya Cruijff itu lumayan hedon, tapi bisa saja dia masuk stereotipe orang grasa-grusu yang doyan mistisisme a la Pete Townshend. :p

    BTW. Quote yang keempat itu memang favorit kita sejak dahulu.:mrgreen:

Comments are closed.