Bambang

Ketika berinteraksi dengan orang, ada kalanya saya mesti menyebutkan nama. Misalnya ketika mengantri di apotik, memesan makanan, atau ketika diajak berkenalan oleh cewek bohay yang kemungkinan besar tiba-tiba terpana melihat tampang saya (yang terakhir belum pernah terjadi).

Derajat keperluannya pun berbeda-beda; ada kalanya nama yang benar-benar legitimate dibutuhkan. Misalnya ketika mendaftar untuk jasa perpanjangan visa pelajar. Saya mesti menyatakannya dengan jelas; Difo Aldiaz. Ada kalanya nama yang sekenanya saja yang dibutuhkan. Misalnya perbincangan ringan dengan orang asing (bukan bule, maksudnya ya orang yang saya nggak kenal) di bandara. Dan ada kalanya, nama itu hanya sebagai pengenal.

Untuk yang terakhir ini, saya sering disulitkan oleh nama saya yang agak antik dan eksotik. Buat saya pribadi, saya suka nama itu, karena selain nggak biasa, sekilas sedikit kedengaran seperti nama karakter alien dari serial fiksi ilmiah.πŸ˜† Tapi untuk sebagai nama ‘sekali jalan’, ini lumayan menyusahkan.

“Namanya siapa, mas?”
“Difo.”
“Gi…”
“Difo, Difo.”
“Diii…?”
“Dee… Iii…~~~”

Jadi, bagi saya kadang sedikit sulit untuk memesan delivery di McDonald’s, atau sewaktu memesan makanan di Starbucks atau J.co. Mengeja nama sendiri itu sedikit melelahkan, dan lama-lama membuat malas. Soalnya mas-mas atau mbak-mbak yang menuliskannya hampir bisa dipastikan salah mengejanya. F diganti menjadi V atau P (malah pernah dengan B; wong budeg😐 ), D diganti menjadi G… Pokoknya menyusahkan. Saya juga nggak suka nama saya diganti-ganti seenak udel.

Solusinya? Bikin nama sendiri. Nama praktis yang bisa dipakai untuk urusan yang nggak terlalu penting.

Nah, nama samaran yang begini tentunya nggak bisa yang neko-neko. Kopral Geddoe, misalnya, terlalu norak kalau dipakai di dunia nyata. Beberapa tahun yang lalu, seingat saya, saya sempat pakai nama Edo (err, hasil mutilasi dari “Geddoe”?) atau Bayu (nyontek nama teman sayaπŸ˜› ). Nama yang dipakai untuk keperluan semacam ini hanya punya satu syarat; pasaran. Tentunya, demi menghindari salah eja.

Beberapa tahun belakangan yang sering saya pakai adalah Bambang. Entah didapat dari mana, kemungkinan dari nama tokoh komik guyon di majalah GameStation dulu. Soalnya setahu saya nama ini cuma punya satu pengejaan, jadi nggak mungkin bisa salah eja (kecuali kebangetanπŸ˜† ). Artinya juga lumayan paten, konon bermakna ksatria atau heroik (CMIIW). Walaupun saya nggak semulia itu, ya nggak apa-apalah.:mrgreen:

Hasilnya, segala transaksi yang melibatkan nama menjadi cepat dan mudah.:mrgreen: Ketika ditanyai nama, saya tinggal menjawab “Bambang” dan si penanya akan langsung menuliskan nama tanpa ragu, dan tanpa rasa takjub. Itu terasa nyaman.:mrgreen:

“Namanya siapa, mas?”
“Bambang.”
*sang penanya menulis*
“Oke, mas Bambang, silakan duduk. Kalau sudah selesai, akan saya panggil.”

In God We Trust. RosenQueen, company.

187 thoughts on “Bambang

  1. Iya, pak. Pertamax, tuh. Begadang, ya? Kirain nggak bakal dibalas sampai pagi.:mrgreen:

    Benar, melafalkannya pun nggak bisa ambigu. Bisa diucapkan dengan mudah. Jelas, tegas.πŸ˜›

  2. halah…akhir akhir ini sering mendengar kata bambang keluar dari mulut D’bayuters..apakah kopral geddoe juga seorang bayuters…???πŸ˜•

    “nama saya Adit”

    tapi sering juga…

    “namanya siapa ?”
    “Andrew”

    lebih sering lagi..
    “panggil aja Wati”

  3. Bambang…

    mirip teman saya tu…
    tapi biar keren teman saya merubahnya menjadi:
    mBembeng
    perhatikan juga cara menulisnya…

    Wah…
    Bila kembali ke tujuan, paman kopral untuk memudahkan pelafalan dan penulisan, koq teman saya itu jadi kontraproduktif ya??πŸ˜€ keren ga selamanya nyaman ternyata:mrgreen:

  4. Wah, masalah kita sama. Gw sampai ikut grup orang2 yang harus selalu spelling nama mulu di fesbuk. Biasanya ketuker ama “Nanda” atau “Ninda”.

    Psst, Bambang itu di id-Gmail biasanya buat pengganti kata “basbang”.

  5. @ mardun
    Mungkin kapan-kapan…

    @ dnial
    Ketawa sendiri, terus itu cerita saya tulis di blog.πŸ˜›

    @ khim
    Apa pula itu? Kenapa hubungannya jadi ke Kamen Rider?πŸ˜•

    @ celo
    Huhuhu, saya sendiri nggak terlalu paham bayut itu apa.πŸ˜›

    @ goop
    Tapi Mbembeng juga nggak terlalu rawan untuk salah eja, bukan?πŸ˜€

    @ wedulgembez
    Buset dah, kok jadi ke Srimulat?πŸ˜†

    @ Nenda Fadhilah
    Huhuhu, namamu juga agak kontroversial ya?πŸ˜†

    @ alex
    Nyamfah sih nyamfah, tapi yang bermakna, dong.πŸ˜›

    @ cK
    He, basbang?πŸ˜•

  6. Setiap samfah kan punya makna sendiri-sendiri, Ged…
    Dan dikau tiada membutuhkan perawi untuk mencari makna…

    *sulut rokok*

  7. “A true man sees what his eyes sees, he does not add what is not there. He hears what his ears hear, he does not detect undertones nor overtones. He… is not busy with hidden meanings.”

    Chuang Tzu

    πŸ˜†

  8. @Geddoe

    A true man sees what his eyes sees, he does not add what is not there. He hears what his ears hear, he does not detect undertones nor overtones. He… is not busy with hidden meanings.

    Ah, itu kan bisa-bisanya Chuang Tzu yang males ngapdet ringtone saja…

    *lirik kata-kata tones *

    Udah, ganti nama jadi Ucok saja, Ged:mrgreen:

  9. hahahaha…

    hoahahaha….

    dek…dek bambang….
    kau sukses bikin aku ketawa ngakak hari ini.
    bambang ???
    bhambhaaang *pengucapan a la salah satu tokoh lawak srimulat yg sudah almarhum -sambil buka mulut lebar-lebar*

  10. Kontroversial dimana? Ribet aja, cape spelling nama mulu. Entah ortu dapet nama dari mana. Lagi kreatif kali kayak ortu lo juga.πŸ˜›

  11. hahahaa….

    aseli, hr ini lo sukses bikin gw ketawa ngakak.

    bambang ??
    bhaaambhaang.

    *pengucapan a la tokoh srimulat yg sudah almarhum, bambang, dengan membuka mulut lebar2*

  12. bambang…!!!

    *ketawa sampai orgasme*πŸ˜†

    tapi bambang juga ada di bahasa “sok” gaul : “ah, elu lama bambang” alias bahasa banci.:mrgreen:

    bukannya Geddoe juga sulit dilafalkan ? Gimana kalau Kopral Luc saja ?

    *nama saya juga syuuulit dilafalkan : fertob, tapi nama aslinya nggak : ferry (pasaran)*πŸ™‚

  13. Nah. Di salah satu episode West Wing, nama karakter penasehat Presiden RI yang ada “bambang”-nya dalam pelafalan org-org bule itu jadi “Bam ! Bang !” seperti suara ledakanπŸ™‚

  14. … Difo Aldiaz …

    Hmm.. nama yg unik.. kenapa ga jadi Aldi aja? keknya lebih minim spelling error dan masih termasuk shortcut dari nama asliπŸ™‚ , daripada bambang yg ga ada hubungannya..πŸ˜€ (OOT) klo ga salah vokalis samson namanya bambang juga ya.. tapi dia minta dipanggil bams *yang malah rentan spelling error* hehe..

  15. @ fertobhades
    Luc terlalu kemayu untuk selera saya…πŸ˜›
    Btw pernah pakai nama Fertob buat pergaulan umum nggak mas?πŸ˜€

    @ oddworld
    Wah, saya nggak pernah nonton West Wing mas. Jangan-jangan ketika orang AS mendengar nama Pak SBY, yang ada di kepala mereka juga efek suara seperti itu…πŸ˜›

    @ warnetubuntu
    Wah, sudah terlanjur pakai Bambang, mas. Mungkin karena saya sedikit ngefans dengan Pak Bambang Yudhoyono.πŸ˜€

  16. Bawa kartu nama aja mas kmana-mana, klo ada yg nanyain tinggal perlihatin tu kartu nama…
    Saya juga sering ngalamin masalah kayak gitu, tapi ini disebabin karena saya gak bisa ngelafalin nama sendili dengan benal…πŸ˜€

    BTW, mana lagi nih postingan2 religiusnya??πŸ˜€

  17. @ almascatie
    Kalau saya sih ‘Bambang’ yang biasa saja, tuh.πŸ™‚

    @ gm88
    Iya, ya, kok nggak kepikiran. Tapi ya agak susah juga mas kalau pakai telepon.πŸ˜€

    Religius??? Lagi??? Di sini memangnya pernah ada yang religius?πŸ˜―πŸ˜†

    Kalau yang sok religius, sih, mungkin kapan-kapan, mas.πŸ™‚

  18. justru itu mbang….eh ged….aku lupa sapa namanya. tp wajahnya inget bgt. dan ciri khas dia suka banget bilang ‘bhambhaaang’ kl ditanya namanya sapa.

    sll berperan jd pembantu.
    *geddoe berperan jd apa ??*

  19. Gunawan Rudy…

    “Namanya siapa, mas?”
    “Ludy…”
    “Lu..Ludi?”

    Komentar: Cih…

    “Namanya siapa, mas?”
    “Gun…”
    “Gun?”

    Komentar: Yeah…

  20. *baru baca*

    Bambang…?

    Nama lengkapnya siapa? Bambang Sudifo?πŸ˜›

    @ rozenesia

    Gunawan Rudy…

    β€œNamanya siapa, mas?”
    β€œLudy…”
    β€œLu..Ludi?”

    Komentar: Cih…

    *menelungkup*

    *tertawa dengan bahu terguncang-guncang di depan laptop*
    πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

  21. @ almadman
    Salam juga.πŸ˜›

    @ sora9n
    Nggak ada, cuma nickname tho?πŸ˜›

    @ cKπŸ˜†

    @ antobilang | alex
    Itu mungkin panggilan SBY sewaktu masih cupu dan berpangkat nista…

  22. ahh iya nama saya juga sering kuteker-tuker sih…

    Seperti apa misalnya?

    misalnya nama ik singkat **** tiba-tiba jadi F**** malah disuatu lomba pernah berubah jadi ***n lebih sering lagi berubah *n*** menyebalkan sekali orang-orang itu…

    @mbak roseπŸ˜†

  23. Pingback: Belum Ada Judul « Fortynine’s Notes

  24. “kemungkinan dari nama tokoh komik guyon di majalah GameStation dulu”
    ah ya…itu bukan suatu kemungkinan lage, tafi sebuah kefastian, seorang lelaki yang memainkan character cewe di game RO, eh? hmm, jadi afakah kamu g*y, ged? *menataf sentimen*

  25. Pingback: Sibuk Setelah Lebaran « cK stuff

  26. @gun
    *ngakak guling2*

    *bantuin Gun hajar Bambang*

    @Bambang
    Bambang itu bagus lho. Sebagus Hana gitu..

  27. Jadi… apa nama Bambang Soebiawak-mu ini sudah dipatenkan, Ged? Sudah resmi ni critanya?:mrgreen:

    Namanya bikin perut dikitik rasanya…πŸ™„

  28. @ antogirangβ„’: Graaaaa…. Kasih ideee!!

    @ celo *log in dari kompie sma*: Aku nggak bayar utang ah.

    @ HanaSusahLogin: Bantuin kok ngakak…😦

    @ Bambang Soebiawak: GRAAAAAAAAAAAA!! *murka lagi*

    @ Mihael “D.B.” Ellinsworth: Kill you!!!

  29. @celo

    kenapa gak sekalian jadi w***n?

    @papi

    papi gun… sabar, cobaan ini

    dari iblis-iblis😈

    [menjauh dari papi, terua ngakak sejadi-jadinya]

    @om bambang

    sekarang namanya jadi ‘bambang’? ta’ panggil ‘om bambang’ bole? [diinjek]

  30. Huehuehuehue…

    Saya juga punya masalah yang sama… Sampe sekarang, ibu kost saya mengenal saya dengan nama yang sebenarnya bukan nama saya…πŸ˜†

    @ almirza: Presiden kita juga namanya Bambang… Keren2 aja tuh kalo disebutin di berita…πŸ˜€

  31. @ Dream Maker
    Soedah saja bilang, panggil saja “boeng” sadja.

    @ almirza
    Mosok? IMO itu nama umum yang lumayan berwibawa, lho.πŸ˜•

    @ almascatie
    Laris manis, kali.:mrgreen:

    @ Bebek Jamuran
    Kalau boleh tahu, nama sebenarnya apa?πŸ˜›

    Bener, kayaknya nama ‘Bambang’ berwibawa, tuh. Kalau ‘Soebiawak’ ya…πŸ™„

Comments are closed.