Neraka : Sekadar Renungan

Nah, mari merenung sedikit. Mari mendengarkan ocehan ulama tentang neraka.

Oh, bukan, ulama di sini adalah ulama secara bahasa. Maksudnya orang yang berilmu. Bukan sekadar orang yang berjanggut indah, dan… Yah, tahu sendirilah.

mulutnya belepotan
“At times, the thought of a brotherly love overcoming the omnibenevolent love is too paradoxical.”

Dan yang namanya belajar, anda juga sebaiknya tidak menelan mentah-mentah semua yang diucapkan para ulama di sini. Apalagi kebanyak dari mereka ini kafir(mungkin) kepercayaannya tidak sama dengan kita😛 Mari dijadikan renungan saja. Sekadar buat merenung. Tidak berniat merenung? Tidak usah baca:mrgreen:

Mulaai… *mukul-mukul panci*

.

.

.

A civilized society looks with horror upon the abuse and torture of children or adults. Even where capital punishment is practiced, the aim is to implement it as mercifully as possible. Are we to believe then that a holy God – our heavenly Father – is less just than the courts of men?
(Sidney Hatch)

According to Christianity, eternal suffering awaits anyone who questions God’s infinite love. That’s the message we’re brought up with: believe or die. “Thank you, forgiving Lord, for all those options.”
(Bill Hicks)

And yet this same Deity says to me, “resist not evil; pray for those that despitefully use you; love your enemies, but I will eternally damn mine.” It seems to me that even gods should practice what they preach.
(Robert Ingersoll)

Eskimo: “If I did not know about God and sin, would I go to hell?”
Priest: “No, not if you did not know.”
Eskimo: “Then why did you tell me?”
(Annie Dillard)

God says do what you wish, but make the wrong choice and you will be tortured for eternity in hell. That sir, is not free will. It would be akin to a man telling his girlfriend, do what you wish, but if you choose to leave me, I will track you down and blow your brains out. When a man says this we call him a psychopath and cry out for his imprisonment/execution. When god says the same we call him “loving” and build churches in his honor.
(William C. Easttom II)

I do not consider it a sign of divine love to consign to hell people who live good lives but make an honest mistake in belief.
(Moshe Shulman)

I have lately taken to read the New Testament which I assure you is a very good book; but there is one article to which I cannot accede; it is that of the eternity of punishment. I cannot comprehend how this eternity is compatible with the goodness of God!
(La Fontaine)

I read in the Gospels that Jesus forgave the men who nailed him to the cross. He even promised “this day you shall be with me in paradise” to a thief crucified next to him – a thief who addressed Jesus simply as a “man” rather than as “the son of God.” Yet, today, this same Jesus cannot forgive my kindly old aunt and allow her to dwell in paradise, simply because her “beliefs” do not match Reverend So-and-So’s?
(Arthur Silver)

If the fundamentalists are right, then all the cool people are in Hell!
(Jeffery Jay Lowder)

If thinking freely for yourself is a sure ticket to hell, then the conversations in heaven must be awfully boring.
(Dr. Weirde)

If you love your neighbors as yourself, yes, even if you have just a little bit of human love and are not solely a selfish wretch, how could you have a single happy moment in heaven, knowing that contemporaneously with your blessed estate continues the endless torment and agony of innumerable millions of the accursed?
(John Persone)

It is Hell, of course, that makes priests powerful, not Heaven, for after thousands of years of so-called civilization fear remains the one common denominator of mankind.
(H. L. Mencken)

There are no physicists in the hottest parts of hell, because the existence of a “hottest part” implies a temperature difference, and any marginally competent physicist would immediately use this to run a heat engine and make some other part of hell comfortably cool.
(Richard Davisson)

Why were a few, or a single one, made at all, if only to exist in order to be made eternally miserable, which is infinitely worse than non-existence?
(Immanuel Kant)

Besides, as far as I can tell from studying the scriptures, all you do in heaven is pretty much just sit around all day and praise the Lord. I don’t know about you, but I think that after the first, oh, I don’t know, 50,000,000 years of that I’d start to get a little bored.
(Rick Reynolds)

I’m not against God. I’m against the Misuse of God.
(Marilyn Manson)

.

.

.

Apakah berpikir seperti itu tergolong blasphemy? Saya kira tidak, sebab setahu saya Ibnu Rushdi pun ikut memikirkannya. Bukankah kita memang diperintahkan untuk berpikir? Nah, makanya😛 Oh, dan saya sendiri masih percaya dengan neraka, anda tidak usah khawatir. Hanya saja mungkin pandangan saya akan dalil-dalil tentang neraka adalah bahwa mereka bersifat alegori, tidak tekstual. Sebab kalau iya, agak susah menyanggah perkataan para atheis dan agnostik di atas…:mrgreen:

Semoga bisa memperkaya renungan:mrgreen:

—————————

Semuanya cuma kupipes dari WikiQuote. Nemu sewaktu lagi surfing.

In God We Trust. RosenQueen, company.

83 thoughts on “Neraka : Sekadar Renungan

  1. Confucius said, “Men all say, ‘We are wise’; but being driven forward and taken in a net, a trap, or a pitfall, they know not how to escape. Men all say, ‘We are wise’; but happening to choose the course of the Mean, they are not able to keep it for a round month.”

  2. Numpang nimbrung nih Mas…
    Hm.. Keren juga yang ini

    Eskimo: “If I did not know about God and sin, would I go to hell?”
    Priest: “No, not if you did not know.”
    Eskimo: “Then why did you tell me?”
    (Annie Dillard)

    nanti saya tanya guru ngaji saya Mas..😀

  3. Saya percaya ada neraka atau surga, tapi konsentrasi saya bukan keduanya, saya lebih mencari ridhoNya karena saya mencintaiNya, biarlah Dia yang menilai tempat mana yg pantas untuk saya…

  4. yang banyak ujian,, yang banyak tugas,, malah nambah bikin tulisan,,

    God says do what you wish, but make the wrong choice and you will be tortured for eternity in hell. That sir, is not free will. It would be akin to a man telling his girlfriend, do what you wish, but if you choose to leave me, I will track you down and blow your brains out.

    Fave Ma sih yang ini,,😛

    iya nih,, harus berenti maen itung itungan,, ga enak aja mau ngapa2in gara gara diancem ama di-bribe,,🙂

  5. Saya lupa menambahkan quote-nya Richard Carrier.

    That is, if they have a significant and trustworthy concern for doing right and avoiding wrong, it follows necessarily that they must have a significant and trustworthy concern for knowing right and wrong. Since this knowledge requires knowledge about many fundamental facts of the universe (such as whether there is a god), it follows necessarily that such people must have a significant and trustworthy concern for always seeking out, testing, and confirming that their beliefs about such things are probably correct. Therefore, only such people can be sufficiently moral and trustworthy to deserve a place in heaven–unless god wishes to fill heaven with the morally lazy, irresponsible, or untrustworthy.

    Bagaimana?😉

  6. Eh, kelupaan lagi. Dari Denis Giron;

    Whether there is pain or not, eternal flames is not a true punishment to be feared. If it is eternal, there is ample time to grow accustomed to one’s environment. Surely eternity is enough time to develop a higher tolerance of pain. There have been examples of human beings who reached a mental state where they do not feel pain. An example would be Buddhist monks in Viet Nam who could set themselves on fire, and show no reaction while burning to death. Such people would have nothing to fear from Hell.

    Nanti diupdate, deh😀

  7. …it follows necessarily that such people must have a significant and trustworthy concern for always seeking out, testing, and confirming that their beliefs about such things are probably correct…

    Banget,,

    Hmm,, artinya Geddoe lumayan suka quote yang ini ya,, regarding komen tentang surga ekonomis,,🙂

  8. Tentunya. Tuhan itu adil toh? Makanya. Kalau nggak begitu, fakta bahwa ada yang ‘lahir di keluarga agama benar’ dan ‘lahir di keluarga agama sesat’ jadi sebuah ketidakadilan.

    Makanya saya percaya kalau mencari kebenaran itu bagian dari iman🙂

  9. Eskimo: “If I did not know about God and sin, would I go to hell?”
    Priest: “No, not if you did not know.”
    Eskimo: “Then why did you tell me?”
    (Annie Dillard)

    Because of God, tell to human about Himself; so you will find Him.

  10. @ Rizma Adlia
    Kredit buat usaha…? Hmm…🙂

    @ agorsiloku
    Should not a clever prophet restrain himself from preaching? Then he would go to paradise (because he is a prophet) and so will the rest of the universe (because they are unaware)😉

    Makanya menurut pandangan saya, masalah surga-neraka tidak sesederhana itu…

  11. Should not a clever prophet restrain himself from preaching? Then he would go to paradise (because he is a prophet) and so will the rest of the universe (because they are unaware)

    ga seru dong,, ga ada drama-nya,, ga ada berantem-berantem-nya,, ga ada kafir-kafiran,, ga ada macem macemnya,,😛

    *ampuni Ma yang suka error mendadak *

  12. Shan In ganas begitu,,🙂

    yah, biarlah,, standar keren orang kan beda beda,,😉

    nanya dong, kok Geddoe paling suka quote yang dibold itu??

  13. @ Shan-in Lee
    Makanya saya ngakak. Saya kok dibilang keren😆

    @ Rizma Adlia
    Nggak tahu. Gen punk, mungkin 8)

  14. Apa arti iman, jika perbuatan dan tindakan seseorang tidak mencerminkan keimanan.

  15. *kesubmit, males ngedit*

    Btw, quote penutupnya sengaja Marilyn Manson tuh. Cukup terkenal buat mainstream, dan cukup bijak😛

  16. Dari novelnya Douglas Adams, Hitchhiker’s Guide to the Galaxy. Coba baca deh, itu ngena sekali buat orang2 satir kayak mas Geddoe😉

  17. Hihihi…
    President of Galaxy-nya norak banget di novel itu..

    Trus yang agama ‘bersin’ di planet ah.. lupa namanya..
    Filmnya juga lumayan bagus. Tapi banyak yang gak ngerti lucunya. Soalnya.. yah.. Agak2 berat gitu humornya.

    Itu kutipan tentang judul2 buku yang populer se-galaksi yang berhasil dikalahkan oleh buku ‘Hitchhiker’s Guide to the Galaxy

  18. Kopi paste dari kawan gue di Ajangkita

    Entah apa yang sebenarnya benar-benar terjadi pada mereka, tetapi pengikut-pengikut mereka kemudian mengembangkan sebuah agama atau aliran berdasarkan apa yang diajarkan pada mereka yang konon berasal dari figur-figur ini. Pada satu titik, kelompok-kelompok ini menglaim bahwa hanya mereka yang mengikuti figur ini yang akan selamat dari penderitaan, baik itu derita dari siklus berulang, atau derita duniawi, atau derita di masa kemudian.

    Tentu saja klaim tersebut mencerminkan sebuah ketidakadilan. Bagaimana dengan dua kelompok ini:

    1. mereka yang hidup sebelum masa figur tersebut lahir? Mereka jelas tidak mengikuti figur ini karena figur ini hidup setelah mereka tiada di dunia ini.

    2. mereka yang hidup sezaman atau sesudahnya tetapi tidak pernah mendengar tentang figur-figur tersebut atau hanya mendengar hal yang dibuat-buat mengenai figur-figur tersebut.

    Apakah berarti kedua kelompok tersebut masuk neraka? Atau tidak selamat? Atau terperangkap dalam siklus yang terus berulang?

  19. Gw pernah nanya hal ini ke orang yang gw anggap ahli agama; soal kalau orang yang enggak tahu agama yang benar2 maksud surga nasibnya gimana. Tapi sampai sekarang belum ada jawaban yang jelas.

    Btw, cari aja lagu-lagu yang ada unsur ‘hell’nya kayaknya bisa dipake juga beberapa.

  20. mo ngomongin surga ga ada skrinsyutnya kali,,🙂 (kaya neraka ada aja,,)

    ati ati ya Geddoe, salah salah ntar halal darahnya,, udah mulai ada gejalanya tuh,,😉

  21. @ kunderemp | calupict
    Hehe, kalau mengikuti interpretasi mainstream ya kemunculan paradoks-paradoks nggak bisa dihindari, mas:mrgreen:

    Saya pernah mikir. Kalau ada bocah cewek kafir yang mampus sebelum pindah ke agama yang bener nasibnya gimana, ya?

    1. Kalau pasti gol ke neraka (karena kafir), lha jelas nggak adil namanya. Pelajar-pelajar yang ubanan saja nyari kebenaran masih susah, masak bocah disuruh ‘nyari kebenaran’.

    2. Kalau pasti gol ke surga (karena masih polos), wah, enak bener, nggak adil dong sama yang lainnya. Kalau sakratul maut dini imbalannya surga, saya juga mau.

    3. Kalau bisa ke neraka bisa ke surga (belum pasti), berarti, agama itu bukan harga mati. Lha, ternyata yang kafirun masih bisa masuk surga toh?

    Kalau sudah begini tentunya yang keluar adalah ayat-ayat ‘kontroversial’ Al-Qur’an, misalnya 2:62 atau 5:69:mrgreen:

    Kalau bagi saya, pertanyaannya kembali ke prinsip menafsirkan ‘secara bahasa’ dan ‘secara istilah’. Apa benar ada pembedaan seperti itu? Sebenarnya ‘Islam’ itu apa?😉

    @ manusiasuper
    Huehehehehe, lagi mood, mas🙂

    @ Rizma Adlia
    Semoga nggak ada apa-apa, ya…😐

  22. I’m not against God. I’m against the Misuse of God.
    (Marilyn Manson)

    Betul banget, euy! Gw dukung yang ini

  23. Surga itu apa? Neraka itu apa? Tuhan itu apa? Setan itu apa?
    Kalau setiap orang sibuk untuk berbuat baik, saya yakin semuanya itu dia temukan. Tetapi kalau setiap orang hanya sibuk memikirkan di mana surga, di mana neraka, siapa Tuhan dan siapa setan, barangkali dia akan menerima kehampaan, yang entah apa namanya.

    “Cogito ergo sum” Istilah Descartes memaknai keberadaannya. Saya berpikir, maka saya ada. Jadi semuanya itu tergantung pada pikiran saya. Kalau saya memikirkan Tuhan, neraka, surga itu, maka Tuhan, surga dan neraka itu ada. Tapi “ada” nya itu di mana?🙂

    Dari pada bingung mengada-ada, lebih baik meng-ada dengan berbuat baik. Melakukan kebajikan. Itu sudah meng-ada, lebih dari sekedar berpikir.

  24. Dari pada bingung mengada-ada, lebih baik meng-ada dengan berbuat baik. Melakukan kebajikan. Itu sudah meng-ada, lebih dari sekedar berpikir.

    Kalau berpikirnya nyambi dengan berbuat baik, apa sudah halal, Pak?🙂

  25. There are no physicists in the hottest parts of hell, because the existence of a “hottest part” implies a temperature difference, and any marginally competent physicist would immediately use this to run a heat engine and make some other part of hell comfortably cool.
    (Richard Davisson)

    D neraka bisa bikin mesin kalor nggak ya?😛

  26. Sekarang disangka anak mesin…😥

    Ada yang nyangka informatika, perminyakan, elektro, biologi, filsafat, fisika MIPA…

    …terus sebetulnya saya ini jurusan apaaa??😯

  27. Ma masi ngira elektro,, (percaya abis abisan ama temen Ma!!)

    wah,, wak somad bikin post tentang surga,,!! tipenya gimana lagi ya??

  28. [mulai OOT]

    engineering itu “teknik”. Jadi misalnya teknik elektro = “electrical engineering”, teknik kimia = “chemical engineering”, informatika = “informatics”, de el el.

    Kalau di kampus saya hampir semuanya teknik, jadi wajar aja kalau diinggrisin semua namanya mengandung “engineering”…😀

  29. kalo buat yang satu itu,, susah buat ga percaya,, (buat percaya sama temen Ma yang itu,,)

    padahal, daripada Ma percaya sama yang ga pasti, lebih gampang dikasi tau,,

    (kalo ama Allah kan ga bisa ditanya langsung,,)

    heehh???

  30. Aku nih wong ndeso. Ga ngerti tuh bahasanya. Nanya sama laptop ga ada jawaban. Tanya sama Pepi dan Ngatini juga pada katro.Tolong terjemahin duong…!

  31. Itu yang tulisannya mas Sidney Hatch sampai tulisannya mbak Marilyn Monroe, eh Marilyn Manson.

  32. Apdet, sodara-sodara…😮

    But there are more serious concerns at hand. Let us ponder why we punish people. When you punish your children, is it because they are wicked beings and deserve to suffer? I certainly hope not. The reason most parents punish is to teach the children a lesson. To reform them to the correct path. The same is true of a prison and justice system (even if it rarely works).

    The bottom line is that all wise punishment is directed towards the purpose of reforming an individual. But hell fails miserably in this regard. Because it is eternal, there is no chance for progress or reform. It is punishment for its own sake, which is nothing more than sadism.

    Kali ini dari Kyle J. Gerkin🙂

  33. But hell fails miserably in this regard. Because it is eternal, there is no chance for progress or reform

    eternal itu serem bener kedengerannya,,

    kali udah dikasi punishment punishment kecil, ga nurut juga,, jadi gemes deh,, lempar saja!!🙂

  34. Nambahin ah… (bikin sendiri)

    “Categorically, there should be no sado-masochist gets punished in hell. What would be a punishment there, when eternal pain is taken as good as eternal pleasure?”
    :mrgreen:

  35. I’m not against God. I’m against the Misuse of God.
    (Marilyn Manson)

    Saya juga tidak melawan Tuhan, tetapi saya hanya sering bertanya…mengapa misuse tentang Tuhan itu sering terjadi di ngeri tercinta ini. Sehingga, di negeri ini, kadang Tuhan itu bermakna sangar, medeni, menakutkan, walau masih ada juga Tuhan yang berwajah menyenangkan, membahagiakan, sekaligus memberkan harapan hidup banyak orang.

    salam….

  36. @ sora

    AMIT!!!

    (tapi iya juga ya,,)

    @ Geddoe

    bukan gemes sesuai definisi,, tapi Ma susah ngejelasinnya,, (bahasa Ma nih aneh banget ya,, ckckck,,)

    setuju bagian do rights, no regrets,,

    kan yang bikin regret kalo lagi melakukan yang ga baik,,😕

  37. @ mrtajib
    Salam, kang.

    Saya juga sewaktu masih lebih bocah dari sekarang, sering bertanya-tanya. Tuhan itu di satu sisi kok begitu baik, dan di sisi lain begitu kejam. Sebenarnya mana yang benar, apa ini cuma misuse dari Tuhan? Wallahualam🙂

    Semoga misuse Tuhan itu berhenti, sehingga Tuhan itu dicintai. Saya yakin dengan memperkenalkan Tuhan dengan wajah bengis, Tuhan tidak akan dicintai, tapi ditakuti🙂

    @ Rizma Adlia
    Masih belum paham.

  38. Pingback: Serdadu Bunuh Rakyat Kecil = Demokrasi Bunuh Komunis « Parking Area

  39. Pingback: Syariat Itu Tidak Segampang Yang Elu Kira « Parking Area

  40. ANEH … TUHAN MAHA PENGASIH MAHA PENYAYANG GAK MUNGKIN MBAKAR ORANG APA KEPENTINGANNYA !!! OTAK LO SEMUA PADA STRESS GARA GARA PERCAYA NERAKA KAN…SEMUA ALKITAB KALO KATA NERAKANYA DI HAPUS JADI SEJUK COBA AJA… INI EMANG KEBOHONGAN DASYAT…MITNAH TUHAN ITU KEJAM…HARUS DI HENTIKAN KARENA INI AKAR PERSOALAN FANATIK..TAKUTI,BOHONGI,IMING-IMINGI…TERUS..JAJAH !!! ANEHNYA PENJAJAH HARUS DI BELA MATI-MATIAN….SADAR-SADAR-SADAR… BENAR KITA SYURGANYA MEREKA….

Comments are closed.