Not Your Everyday Hoax…

Sekarang sudah empat belas April. Dan saya akan bercerita tentang April Fools. Basi? Mungkin. Tapi saya cukup ahli membuat justifikasi. Pernahkah anda sengaja mengunjungi tempat perbelanjaan pada hari kerja? Tujuannya jelas menghindari keramaian. Justifikasi ngelantur saya pun bernada serupa. Saya tidak ingin mengikuti arus. Saya sengaja menunda pemuatan artikel ini supaya tidak terkesan mengikuti tren😆

april mop!
“Wajah-wajah tertipu itu barangkali seperti ini.
Dari luar tampak imut ikhlas mengakui kebodohan.
Dalam hatinya? Dendam kesumat, barangkali…”

Ah, sudahlah, maafkan keterlambatan saya. Nah, berikut lima hoax April Fools terbaik pilihan majalah Reader’s Digest, yang saya peroleh secara gratis setelah menggunakan jasa McDelivery Jumat malam (atau Sabtu dini hari?) kemarin. Malam yang membuat saya panik ketika sadar jam sudah menunjukkan pukul 23.30 ketika saya berhenti menggunakan komputer dan memutuskan mencari makan malam. Sial, padahal paginya saya lupa sarapan, dan siangnya saya tidak makan siang😆

Anyway, inilah kelima hoax paling kreatif pilihan majalah tersebut. Tanpa peringkat, cukup lima besar saja (saya sempat berpikir membuat peringkatnya versi saya sendiri, tapi terlalu malas mungkin akan sedikit menyita waktu, ya😛

* * *

Spaghetti Trees
Hoax ini sangat terkenal, tapi tidak sempat jadi hoax a la surat kaleng karena buru-buru diralat dan ditertawakan beramai-ramai. Yang menyiarkannya bukan main-main, BBC.

Pada tahun 1957, BBC menayangkan footage petani-petani di Swiss yang berhasil memanen spaghetti dari ‘pohon-pohon Spaghetti’. Karena reputasi BBC, pada hari yang sama, para pemirsa berbondong-bondong menanyakan cara-cara menanam pohon Spaghetti😆 Ratusan panggilan masuk pun datang untuk membeli bibit pohon spaghetti.

Ah, anda bisa mendownload video bersejarah itu di halaman ini🙂

Stockings and Tubes
Sekarang tahun 1962. Swedia tidak secerdas yang kita kira? Hohoho. Pada sebuah stasiun televisi, seorang pakar teknisi menunjukkan pada sebuah program berita bahwa stoking dapat dijadikan alternatif untuk mendapatkan televisi berwarna. Dengan melihat televisi hitam putih mereka melalui stoking, akan dihasilkan efek berwarna. Ratusan ribu (ya, katanya ratusan ribu) orang mencoba menempelkan stoking di depan layar televisi hitam putih mereka.

Bayangkan wajah kebingungan ratusan ribu warga Swedia tersebut.

Moon Gravity
Kita berlanjut ke tahun 1976. Yang ini luar biasa. Kali ini di Inggris (warga Inggris terlalu mudah percaya🙄 ). Pelaku ‘kriminal’nya juga bukan main-main, Sir Patrick Moore, astronomer amatir legendaris. Pada tanggal 1 April, beliau mengumumkan sebuah berita melalui radio.

Menurut berita tersebut, pada 1 April 1976 pukul 9:47 pagi, Pluto akan berada di belakang Jupiter — menghasilkan fenomena astronomi langka. Gravitasi bumi akan menurun dalam sekejap, selama beberapa saat. Jadi, kalau kita melompat selama pada waktu tersebut, kita akan merasakan sensasi melayang. Mirip-mirip efek Placebo, terdorong oleh sugesti, banyak sekali yang mengaku bahwa hal itu benar-benar terjadi😆

Bahkan ada seorang wanita yang bersikeras bahwa ia dan 11 rekannya melayang di ruangan:mrgreen:

Yet Another Tropical Joke
Tahun 1977 juga menyediakan hoax April Fools yang menarik. Harian terkenal The Guardian menulis tentang alternatif tujuan wisata di sekitar samudera Hindia. Menurut mereka, terdapat sebuah negara kecil bernama San Seriffe, dengan pulau-pulau berbentuk semicolon, mengelilingi dua pulau terbesar mereka, Upper Caisse dan Lower Caisse. Pemimpinnya adalah jenderal Pica dan ibukotanya adalah Bodoni.

Get it?😉

Ah, dan ya, ini terjadi di Inggris. Lagi.

Left-handed people, yes, this burger is for you!
Kali ini masih tergolong baru, belum sepuluh tahun yang lalu, tepatnya tahun 1998. Tersangkanya adalah Burger King. Mereka memuat di harian USA Today bahwa mereka memiliki burger baru yang didesain khusus untuk mereka yang kidal.

Katanya, sih, desainnya diputar 180 derajat… Padahal, 100% sama dengan burger regular…😆

* * *

Yak, itulah hoax April Fools terbaik menurut Reader’s Digest. Sebenarnya, saya memiliki hoax April Fool favorit sendiri, tapi tidak mereka masukkan, entah kenapa.

Inilah dia: Bill Gates is Dead
Pada tahun 2003, banyak situs di RRC dan Korea yang menayangkan hoax bahwa CNN mengumumkan tentang peristiwa pembunuhan atas Bill Gates.

Tidak terlalu lucu? Tunggu dulu. Efek dari hoax ini adalah penurunan sebesar 1.5% dari pasar stok Korea😆

* * *

Nah, semoga setelah membaca tulisan saya, anda lebih kreatif lagi dalam ber-April Fools. Cobalah pura-pura menikah lagi, pura-pura buta, pura-pura kena teluh, atau menggebuk kepala bos anda dengan dalih April Fools.

Selamat bereksperimen🙂

In God We Trust. RosenQueen, company.

17 thoughts on “Not Your Everyday Hoax…

  1. Hahaha, ada sebuah hoax lagi yang ‘bermutu tinggi’. Banyak yang percaya…

    …bahwa April Fool adalah peringatan kebodohan kaum muslim. Ceritanya, kaum muslim di Granada sedang akan dipindahkan dari Spanyol pada masa inkuisisi. Jadi, mereka disuruh datang ke dermaga buat ngantri naik kapal, dan nggak boleh bawa senjata.

    Mereka kemudian dibantai di sana, dan sejak saat itu cerita ini muncul di beberapa buletin dakwah.

    Benarkah? Nggak ada yang bisa jawab tuh, sejauh ini. Yang ada malah konfirmasi bahwa ini hoax.😀

    Ketika umat cuma percaya berita tangan kedua, ya gitulah jadinya. Cape deh… (-_-)

  2. @ sora9n
    Sudah kenyang nih sama hoax Granada. Lucunya dalam ‘detail sejarah’ yang disajikannya, kaum kafir berusaha memperlemah umat Islam dengan memberikan generasi mudanya ‘anggur dan rokok gratis’. Padahal zaman itu belum ada rokok😆

    Yah, ‘kan ada yang berpikir bahwa semakin jahat musuh suatu umat digambarkan, semakin keren…:mrgreen:

    @ Rizma Adlia
    Kalau nggak kacau, nggak keren dong hoaxnya😀

    @ calupict
    Entah, ya. Belum kepikiran waktu itu😦

    @ Shan-in Lee
    Terlambat, sih…😦

    @ p4ndu_454kura
    Entah kenapa rasanya iya:mrgreen:

    Ha, dalam hukum hoax, hampir dipastikan bahwa apabila anda menjadi korban, anda akan menjadi pelaku juga…

  3. heheh…
    sayang di april moppan kmaren hari minggu…😛

    pengalaman pribadi:
    waktu klas 4 sd gw pernah dikibulin…
    katanya hari itu, ada pelajaran seni musik…😛

    langsung panik, tapi ternyata cuman boong…😛

    heheheh…-

Comments are closed.